logoblog

Cari

Bantuan Air Bersih Terindikasi Pungli

Bantuan Air Bersih Terindikasi Pungli

Bantuan air bersih untuk warga kurang mampu atau berpenghasilan rendah telah diterima oleh warga yang terdata namanya, pendataan telah dilakukan pada

Pengaduan Infrastruktur

KM. Lingsar
Oleh KM. Lingsar
07 Februari, 2014 19:00:50
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 8335 Kali

Bantuan air bersih untuk warga kurang mampu atau berpenghasilan rendah telah diterima oleh warga yang terdata namanya, pendataan telah dilakukan pada awal tahun 2013 dan dilanjutkan disurvei oleh petugas yang ditunjuk oleh AusAid baru ditentukan apakah layak atau tidak warga yang terdata namanya tersebut, proses yang begitu panjang dan melalui beberapa tahapan itu rawan terjadi penyimpangan.

Kejadian di Desa duman misalnya, setiap warag yang terdata namanya dan sudah dinyatakan Acc oleh petugas dari AusAID (Australian Agency for International Development) kemudian berikutnya akan dipasangkan meter air atau Flow meter, sebelum terpasang warga diundang untuk pertemuan dengan Kepala Desa, yang agendanya membahas tentang anggaran biaya untuk pemesangan alat PAM atau meter air, dalam rapat tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa dan jajarannya.

Dari hasil rapat itu setiap warga harus membayar biaya sebesar Rp.300.000  yang di klaim oleh BPD sebagai biaya penambahan pipa penyambungan, Ketua BPD menyatakan biaya yang dikeluarkan untuk penambahan pipa karena pipa dari PDAM kurang kilahnya, itu ungkapkan oleh Saudara Johan ketua RT 08 yang pada waktu itu ikut hadir dalam pertemuan di Kantor Desa Duman, ditambahkan, bahwa penarikan biaya dilakukan bertahap untuk tahap pertama itu sebesar Rp.100.000 ribu dan untuk tahap berikutnya itu menunggu instruksi dari Kepala Desa. 

Senada dengan hal itu Ihsan salah seorang warga membenarkan akan adanya pungutan tersebut, Ihsan mengatakan "setiap warga dimintai Rp.300.000 yang akan di minta secara bertahap dan saya telah menyerahkan Rp.100.000 ribu melalui Ketua RT", H.Masnun Ketua RT 04 juga membenarkan akan kejadian tersebut bahwa kami RT diperintahkan untuk memungut uang dari warga yang mendapat jatah pemasangan meter air PDAM yang kemudian disetor ke kantor Desa yang di terima oleh Bendahara Desa.

 

Baca Juga :


Lain lagi yang di ungkapkan oleh salah seorang warga Desa Langko bernama Zaini, dia Mengatakan , warag desa Langko tidak dipungut biaya seperti yang dialami oleh Warga Desa Duman, hanya membayar biaya Matrai saja, bahkan banyak warga Desa Langko yang tidak mau menerima dikarenakan harus membayar bulanan itu yang dirasakan cukup memberatkan warga tuturnya.

Dari PDAM sendiri telah mengeluarkan pengumuman melalui media Cetak, bahwa bantuan air bersih yang di berikan pemerintah tidak di pungut biaya dan apabila dijumpai ada oknum yang meminta pungutan akan di tindak, begitulah persisnya bunyi pengumuman di PDAM salah satu koran lokal.



 
KM. Lingsar

KM. Lingsar

Desa Duman, Lingsar - Lombok Barat http://www.dumannis.blogspot.com ihromil islam, okta hadi, siswadi, anjaswadi No Hp. 081917920272

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan