logoblog

Cari

Warga Kalodu Dambakan Jalan Mulus

Warga Kalodu Dambakan Jalan Mulus

(KM.Sarangge) Seperti saudara-saudaranya di daerah lain di wilayah NTB, Warga Kalodu pun punya harapan sama yakni mulusnya jalan menuju desanya. Harapan

Pengaduan Infrastruktur

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
26 Maret, 2014 10:53:06
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 7184 Kali

(KM.Sarangge) Seperti saudara-saudaranya di daerah lain di wilayah NTB, Warga Kalodu pun punya harapan sama yakni mulusnya jalan menuju desanya. Harapan ini tentu wajar, karena sejak Indonesia merdeka akses jalan ke Kalodu rusak parah. Warga harus berjuang melewati jurang dan tanjakan terjal berbatu untuk sekedar membeli kebutuhan hidup di kota Bima maupun ke Karumbu.Kalodu adalah sebuah desa yang bersejarah.

Pada abad ke 17 Desa di selatan Bima yang berada puncak gunung Kalodu ini telah berdiri sebuah masjid yang dikenal dengan masjid Kamina yang menjadi Masjid pertama di tanah Bima. Namun sayang, nilai kesejarahan bekas masjid tertua ini sulit untuk dikunjungi karena sarana jalan yang rusak parah sepanjang 4 Kilometer.

“Kami sangat mendambakan mulusnya jalan, adik-adik lihat sendiri bagaimana orang-orang Kalodu berjuang melewati tanjakan terjal berbatu menuju Karumbu untuk kebutuhan sehari-hari.“ Kata H.Abdul Karim Kades Kalodu saat Komunitas JELAJAH menyambanginya Minggu(20/3).

Padahal, desa ini punya banyak potensi. Lahannya subur, suhunya dingin dan sejuk. Sangat cocok untuk pengembangan agro industry sekaligus wisata alam dan wisata religi.Menurut H.Abdul Karim, Kalodu dihuni oleh lebih dari 1000 jiwa dengan 350 Kepala Keluarga yang tersebar di 3 dusun yaitu dusun Sangari, Kalodu dan Kamina.

 

Baca Juga :


Kalodu berjarak 7 kilometer dari Teluk Waworada. Dari ujung desa Karumbu belok kiri menuju jalan hotmik sekitar 3 kilometer. Namun mendekati tanjakan kondisi jalan rusak parah dan memprihatinkan. Tanjakan terjal berbatuan cukup membahayakan para pengendara motor maupun mobil. Saat Jelajah Kalodu Minggu 20 Oktober 2013, Komunitas Jelajah terseok –seok dan banyak yang terjatuh di tanjakan dan tikungan terjal yang cukup berbahaya.

“ Mudah-mudahan ada perhatian pemerintah untuk melanjutkan perbaikan jalan menuju Kalodu ini. “ Harap Dr. Rusli putera Kalodu yang terbilang sukses meraih gelar doctor dan menjadi ketua BKPRMI Kabupaten Bima. (*alan) - (01)



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan