logoblog

Cari

Petani Memohon Saluran Irigasi

Petani Memohon Saluran Irigasi

KM Sambang Kampung- Sering sekali kita mendengar tentang pembangunan untuk petani, nelayan dan masyarakat kecil. Namun seberapa besar pembangunan untuk mereka?

Pengaduan Infrastruktur

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
18 April, 2014 02:30:38
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 2
Dibaca: 8227 Kali

KM Sambang Kampung- Sering sekali kita mendengar tentang pembangunan untuk petani, nelayan dan masyarakat kecil. Namun seberapa besar pembangunan untuk mereka? Petani di Korleko sangat berharap adanya saluran irigasi yang baik untuk mengairi sawah dan kebun mereka. Jika kita mau melihat secara jelas dan nyata kondisi mereka maka kita akan mengatakan bahwa mereka sangat jauh tertinggal dan sangat membutuhkan saluran air yang permanen.

Melalui Kampung Media ini mereka ingin sekali didengarkan keluh kesahnya siapa tau ada yang mau mendengar dan merespon aspirasi mereka. Menurut Mamiq Rohmi salah seorang petani di Korleko mengatakan bahwa kami sangat berharap adanya perhatian pemerintah untuk memperbaiki saluran irigasi di tempat ini, karena setiap tahun saluran ini jebol sehingga harus diperbaiki sampai berbulan-bulan secara bergotong royong sehingga tidak dapat mengairi kebun, hal inilah yang membuat petani kebun terkadang membuat kebunnya sebagai tambang pasir dan menggali batu apung sehingga kebun menjadi rusak.

Terkadang dengan kondisi saluran air yang kurang baik ini membuat petani merubah kebunnya menjadi tempat penambangan pasir, penggalian batu apung, dan pembuatan bata merah. Kebun kelapa yang dulunya sangat banyak sekarang sudah banyak yang rusak menjadi area pertambangan pasir dan batu apung. Perhatian pemerintah sangat diharapkan untuk memberikan prioritas pembangunan saluran irigasi yang baik sehingga kebun dikorleko dapat diairi dengan baik.

Panjang saluran iri gasi tersebut sekitar 2 Km, dengan kondisi belum permanen, sehingga sering jebol yang mengakibatkan petani tidak dapat mengairi sawah dan kebun mereka. Lokasinya di Lembak Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji. Semoga dengan adanya informasi ini ada harapan bagi mereka untuk mendapatkan perhatian pemerintah memperbaiki saluran irigasi ini. (Uyik) - 01

 

Baca Juga :


 



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. ali nusantara

    ali nusantara

    18 April, 2014

    spakat bung. pemerintah harus bertanggung jawab atas segala bencana...saya pikir itu termasuk bencana yaitu jebol saluran tersebut. karna basis kehidupan terbesar adanya di petani maka rawatlah petani seperti rawat dimana kita berada dan rasa nyaman untuk beaktifitas.kasian petani yang smangat dan memberikan kehidupan kepada semua orang...karna kalo nda ada beras semuanya akan selesai kecuali hidup dicina mau makan roti.he


    1. KM. Sambang Kampung

      KM. Sambang Kampung

      19 April, 2014

      karena saluran irigasi tidak bagus, sering jebol, air sulit di dapat maka petani alih fungsikan kebun dan sawah mereka menjadi tempat penambangan pasir dan batu apung, jadi sawah dan kebun sekarang sudah banyak yang rusak....pemerintah harus segera bertindak..


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan