logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pasar Kokok Putik Butuh Perbaikan

Pasar Kokok Putik Butuh Perbaikan

KM. Sukamulia – Pasar merupakan salah satu sarana yang sangat penting untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat sebab di pasar terjadi peredaran

Pengaduan Infrastruktur

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
06 Februari, 2015 23:45:54
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 6250 Kali

KM. Sukamulia – Pasar merupakan salah satu sarana yang sangat penting untuk mendukung perkembangan ekonomi masyarakat sebab di pasar terjadi peredaran dan pendistribusian barang dan jasa. Pasar juga merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli barang ataupun jasa, sehingga keberadaan pasar sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup suatu masyarakat. Hingga saat ini belum semua desa yang memiliki pasar, contohnya saja masyarakat Desa Obel-Obel Kecamatan Sambelia, Desa Sajang Bawak Nao Kecamatan Sembalun Elen, serta Desa Loloan Kecamatan Bayan. Untuk memenuhi kebutuahn mereka akan barang-barang kebutuhan rumah tangga maka ketiga desa tersebut harus berbelanja ke pasar umum yang dekat dari desa tersebut. Pasar yang dekat dengan ketiga desa itu adalah Pasar Umum Desa Bilok Petung yang berada di Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun.

Pasar Kokok Putik berada di wilayah perbatasan Lombok Utara dan Lombok Timur sebab itulah pasar ini merupakan pusat berkumpulmnya masyarakat Desa Bilok Petung dan Desa Sajang Kecamatan Sembalun Lotim, Desa Obel-Obel Kecamatan Sambelia Lotim serta masyarakat Desa Sambik Elen dan Loloan Kecamatan Bayan Kabupaten Lobok Utara untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi yang berupa pertukarang barang dan jasa.

Pasar Kokok Putik merupakan pasar mingguan dimana hari pasarannya adalah hari Rabu, artinya pasar ini akan ramai pada hari Rabu saja sedangkan pada hari-hari lainnya hanya ada pedagang-pedagang tetap yang membangun Ruko dan Warung-Warung Kecil/Kios di sekitar pasar tersebut. Setiap minggunya pasar ini selalu dipenuhi oleh warga dari ke-5 desa yang telah disebutkan tadi. Pasar ini mulai ramai sejak hari Selasa siang hingga hari Rabu siang. Pada malam Rabu pasar ini sudah dipenuhi oleh pedagang yang berasar dari berbagaidaerah, misalnya saja pedagang dari Mamben, Masbagik, Pohgading, Bilok Petung, Bayan dan sebagainya. Para pedagang banyak yang menginap di pasar ini dan selesai shalat subuh pada hari Rabu maka aktifitas pasar mulai ramai hingga menjelang datangnya waktu dzuhur.

Pasar ini memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat sekitar Bilok Petung, Sajang, Obel-Obel, Sambik Elen, Loloan dan Bayan sebab lokasi pasar ini sangat strategis, yaitu berada di pertigaan emas Desa Bilok Petung. Letaknya yang sangat strategis ini memberikan peluang bagi masyarakat Desa Bilok Petung dan sekitarnya untuk mengembangkan ekonomi mereka di pasar tersebut. Hanya saja, hingga saat ini keadaan Pasar Kokok Putik masih sangat memperihatinkan dan kumouh. Bagaimana tidak, pasar ini merupakan pasar yang cukup tua yang dulu bernama Pasar Umum Desa Sajang.

Menurut keterangan Amaq Marzuki, Pasar Kokok Putik berdiri sejak berdirinya Desa Sajang dan setelah Desa Sajang mekar dan terbentuklah Desa Bilok Petung sehingga pasar ini berubah nama menjadi Pasar Umum Kokok Putik. Sepengetahuan saya, sejak awal berdirinya Desa Bilok Petung hingga sekarang, pasar ini memang seperti ini dan tidak pernah direnovasi oleh pemerintah. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan supaya pemerintah memberikan perhatian kepada pasar inisupaya kedepannya kami dibuatkan pasar yang permanen atau yang lebih baik dari keadaan sekarang ini, papar laki-laki tua yang sehari-harinya mencari rizki di pasar itu.

Madun juga mengatakan bahwa pemerintah sudah sering menjanjikan kami untuk memperbaiki pasar ini hanya saja sampai sekarang pemerintah tidak pernah merealisasikan janji tersebut dan inilah keadaan Pasar Kokok Putik, seperti yang kita saksikan saat ini. Keadaannya cukup kumuh dan pada musim hujan para pedagang sangat terkendala untuk melakukan aktifitas perdagangan di pasar ini, padahal pasar ini merupakan satu-satunya pasar yang ada di wilayah perbatasan sehingga pasar ini merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dari 5 desa, yaitu masyarakat Desa Sajang, Bilok Petung, Obel-Obel, Sambik Elen dan Loloan. Untuk itu kami sangat mengharapkan supaya pemerintah memberikan kami bantuan untuk memperbaiki keadaan pasar ini dan bila perlu kami sangat mengharapkan supaya pemerintah berkenan membangunkan kami pasar modern seperti pasar Masbaik atau Pasar Desa Pohgading sebab ke depannya Kokok Putik ini akan sangat ramai. Tegas laki-laki yang dipercaya sebagai ketua pengelola Pasar Kokok Putik ini.

 

Baca Juga :


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa saat ini keadaan Pasar Umum Kokok Putik sangatlah memperihatinkan sehingga sangat diharapkan supaya Pemerintah Daerah Lotim dapat memberikan bantuan untuk membangun atau merenovasi pasar tersebut. Lewat tulisan ini masyarakat Kokok Putik dan pengguna pasar Kokok Putik menitip harapan semoga Pemda Lotim melalui pihak-pihak terkait dapat merealisasikan hajat masayrakat, yaitu supaya dibangunkan infrastruktur pasar yang baik dan permanen, khusunya di Pasar Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun.

Besar harapan kami supaya Bapak/Ibu/Saudara dan pihak-pihak terkait supaya memberikan perhatian kepada pengaduan ini sebab Pasar Kokok Putik memiliki potensi strategis untuk mengembangkan daya ekonomi masayarakat sekitarnya. Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan Salam dari Kampung. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan