logoblog

Cari

Tutup Iklan

Warga Desa Nipa Minta Irigasi Diperbaiki

Warga Desa Nipa Minta Irigasi Diperbaiki

KM RUNGGU.Petani warga Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima berharap agar pemerintah daerah mau memperbaiki jaringan irigasi yang ada di So

Pengaduan Infrastruktur

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
02 November, 2015 10:02:10
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 7279 Kali

KM RUNGGU.Petani warga Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima berharap agar pemerintah daerah mau memperbaiki jaringan irigasi yang ada di So La Panggo.

       Sekretaris desa (Sekdes)  Nipa, Anwar HS yang ditemui di desa setempat Minggu (1/11) mengatakan bahwa jaringan irigasi di So La Panggo masih tradisional atau masih berbentuk dari  tanah. Jaringan irigasi tersebut sepanjang 3 Kilometer, sejak dahulu sampai sekarang masih berbentuk tanah. “Saya sangat berharap agar jaringan irigasi La Panggo dilirik oleh Pemda untuk dipermanenkan, sehingga pendistribusian air ke sawah para petani bisa teratur atau tertib,” ujar Anwar.

       Lanjutnya, lahan so La Panggo diairi dari DAM La Panggo. Adapun luas lahanya mencapai 24 hektar, petani menanam sampai 3 kali panen. Namun musim tanam ke 3 yang jadi masalah, petani rebutan mengambil air dari DAM La Panggo. “lahan seluas 24 hektar itu bisa dimanfaatkan oleh pemilik lahan sampai 3 kali tanam, dengan pola tanam  padi, padi dan palawija berupa kedelai, kacang tanah,  bahkan bawang merah,” urainya.

 

Baca Juga :


       Pada musim tanam ke 3, ungkapnya, sering petani bertengkar untuk rebutan air. Sedangkan,  pengurus  Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3) ada tidak berfungsi dengan baik. “Kalaupun jaringannya bagus, saya optimis tidak ada lagi rebutan air. Khan gampang diatur,” Pungkas Anwar. (RIS) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan