logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pangkalan Udara Tempo Dulu

Pangkalan Udara Tempo Dulu

KM Sambang Kampung- Perang akan menyisakan berbagai kenangan dan menyisakan tempat-tempat yang bersejarah  untuk dapat dipelajari oleh anak-anak dimasa yang akan

Pengaduan Infrastruktur

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
26 Mei, 2016 12:28:13
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 1
Dibaca: 18169 Kali

KM Sambang Kampung- Perang akan menyisakan berbagai kenangan dan menyisakan tempat-tempat yang bersejarah  untuk dapat dipelajari oleh anak-anak dimasa yang akan datang. Tempat-tempat yang dulu dianggap strategis oleh para penjajah baik Belanda, Jepang dan Sekutu di Lombok Timur kini menjadi sebuah hamparan padang rumput yang perawatanya kurang baik.

Lapangan terbang yang dulu dipergunakan untuk menghalau musuh dan sebagai tempat pendaratan pesawat milik Belanda, Jepang dan Sekutu ini dikenal dengan Lapangan Rambang. Tempat ini sekitar tahun 1940 menjadi pangkalan tentara penjajah,  Baik itu belanda, Jepang dan Sekutu, letaknya sangat strategis yaitu dipinggir pantai yang menghubungkan Indonesia dengan Australia atau wilayah lain dibelahan dunia ini wilayah pantai selatan ini dikenal dengan Samudra Hindia.

Setelah Indonesia merebut kemerdekaan sampai mempertahankan kemerdekaan Rambang tetap sebagai pangkalan angkatan udara penjajah. Setelah Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya secara utuh Lapangan Rambang ini tidak di fungsikan lagi sebagai landasan pacu pesawat.

Sekitar tahun 1980 sampai 1990 Lapangan Rambang dipergunakan sebagai tempat latihan tempur TNI Angkatan Udara. Setelah itu tidak ada lagi aktifitas yang penting di Lapangan Rambang ini. Karena kondisinya yang tidak pernah dirawat masyarakat menanami lapangan ini dengan tanaman palawija.

 

Baca Juga :


Lapangan Rambang saat ini kondisinya sangat menyedihkan kondisinya dahulu jauh lebih ramai dari sekarang. Dibeberapa sisi terlihat tumpukan hitam menggunung yang merupakan arang cangkang sawit yang akan dipergunakan untuk open tembakau. Disisi lain semak-semak yang sangat lebat, landasan pacu pesawat kini sudah hancur, Disisi pantai abrasi mengikis tebing Lapangan Rambang. Semoga pemerintah perdulu terhadap asset Negara yang mempunyai nilai sejah tinggi. (Uyik) - 05

 



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    30 Mei, 2016

    Tapi Lapangan Rambang kan tetap terjaga dan terpelihara oleh tentara angkatan udara...kan ada perumahan dinasxa dan dari pagi sampai malam dijaga dengan ketat.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan