logoblog

Cari

Tutup Iklan

"Air Terjun Sori Panca" Potensi Wisata Yang Luput dari Perhatian

Air terjun Sori Panca Saneo yang berlokasi di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, sejak awal ditemukan pada dua tahun lalu,

Pengaduan Infrastruktur

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
17 Oktober, 2017 10:03:34
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 5963 Kali

Air terjun Sori Panca Saneo yang berlokasi di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, sejak awal ditemukan pada dua tahun lalu, merupakan lokasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun regional. Seiring berjalannya waktu, wisata ini sepi dikunjungi. Hal itu terjadi bukan tanpa sebab, selain karena akses jalan yang jauh ke dalam hutan, juga tidak adanya fasilitas sebagai daya tarik minat wisatawan.

Pada saat ramai dikunjungi, masyarakat desa setempat merasakan manfaatkan, karena masing-masing terlibat dalam berbagai hal seperti pengantar pengunjung (Guide) atau tukang ojek, jasa parkir, penjual makanan dan minuman dan lainnya. Itu berlangsung selama kurang lebih dari setahun. Sejak sepi pengunjung, masyarakat tidak lagi melakukan hal itu dan bahkan tidak teringat akan keberadaan air terjun sori panca. Disadari atau tidak, air terjun sori panca merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Dompu yang keberadaannya bisa mendongkrak ekonomi masyarakat juga menciptakan lapangan kerja musiman. Selain itu, air terjun sori panca juga merupakan salah satu air terjun yang ketinggiannya mencapai 80 meter. Spot wisata ini luput dari perhatian pemerintah daerah Kabupaten Dompu, sejak ditemukan, tidak pernah dikembangkan, baik untuk akses jalan maupun fasilitas penunjang. Pemerintah hanya melakukan promosi, itupun terbatas hanya dalam bentuk kalender tahun yang hanya di lihat dan tidak diketahui oleh masyarakat luar. Pemerintah terkesan menutup mata terhadap potensi wisata ini.

Masyarakat desa setempat kerap menemui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu, membicarakan tentang bagaimana dan seperti apa agar wisata air terjun sori panca bisa dikembangkan supaya kembali ramai dikunjungi. Namun, tidak adanya respon yang baik dan pemerintah selalu beralasan kekurangan anggaran dinas tentang pengembangan potensi wisata yang ada. Jika dibandingkan dengan potensi wisata yang dimiliki oleh daerah-daerah lain, terlihat sangat maju karena pengembangannya secara khusus dilakukan. Sarana dan prasana yang mendukung demi menarik perhatian pengunjung sangat memadai. Tentu ini sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Dompu bahkan bisa dibilang, Kabupaten Dompu tertinggi sangat jauh dalam bidang memajukan potensi wisata yang ada di daerahnya.

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan