logoblog

Cari

Desa di Areal PLTU Jeranjang Gelap Gulita

 Desa di Areal PLTU Jeranjang Gelap Gulita

Giri Menang, KM. Anggota DPR RI Dapil NTB, DR.H.Kutrubi menyesalkan, lingkungan desa dan areal di sekitar bibir Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Pengaduan Infrastruktur

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
19 Maret, 2019 13:27:29
Pengaduan Infrastruktur
Komentar: 0
Dibaca: 3128 Kali

Giri Menang, KM. Anggota DPR RI Dapil NTB, DR.H.Kutrubi menyesalkan, lingkungan desa dan areal di sekitar bibir Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang gelap gulita. Pihaknya akan meminta pertanggungjawaban Dirut PLN di Jakarta. Pihak Dirut dituntut untuk membiayai penerangan jalan di sekitar desa lokasi PLTU Jeranjang di Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung-Lombok Barat (Lobar).

“Jangan pemerintah daerah yang membiayai, desa yang radiusnya dekat di pinggir PLTU, pihak PLN yang biayai,” tega Kurtubi kepada wartawan usai mengikuti pembukaan Desiminasi Tehnologi Peternakan di Gerung, Selasa (19/3).

Anggota Komisi VII DPR RI ini berjanji, keluhan masyarakat ini akan disampaikan pada kesempatan awal. Kesempatan ini akan disampaikan ketika akan menggelar rapat dengan Dirut PLN. Bahkan Kurtubi ingin menyampaikan keluhan masyarakat ini melalui Kementerian Lingkungan Hidup.

“Tolong catat, sepuluh tahun gelap gulita, dilalui oleh kendaraan pengangkut batu bara, justru total gelap gulita,” tegasnya kepada wartawan.

Menurut anggota DPR RI putra daerah asal Kediri-Lombok Barat ini, desa yang letaknya tidak jauh dari PLTU, penerangannya tidak boleh dibebankan biayanya kepada pemda setempat. Keluhan ini tidak saja disampaikan kepada PLN pusat, tetapi juga PLN NTB, diminta keluhan ini disamapiakn ke tingkat nasional. Karena mitranya adalah Dirut PLN dan Kenterian PSDM.

 

Baca Juga :


Kurtubi tidak saja menampung keluhan masyarakat terkait gelapnya areal desa, tetapi juga lingkungan yang ditimbulkan oleh asap batu bara sebagai bahan bakar PLTU. Dampak lingkungan yang dikeluhkan oleh masyarakat Desa Taman Ayu harus harus segera ditanggulangi. Lelaki yang sudah malang melintang di dunia pertambagan dan migas ini, akan menampung laporan masyarakat. Menurut dia, tanaman bawang merah di sekitar PLTU tidak ada yang tumbuh subur. Ini dampak dari semburan debu batu bara yang mengakibatkan tanaman bawang merah dan tanaman lain tidak bisa tumbuh subur.

“SOPnya dijalankan secara benar, sehingga bisa meminimalisir dampak lingkungan yang dikerluhkan oleh masyarakat,” kata Politikus jebolan Universitas Colorado AS ini.

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan