Warga Monta Dalam, Berharap Dapat PLIK

KM. Portal Himpas, - Dengan semakin majunya Dunia Informasi dan Tekhnologi  dewasa ini, juga memicu terjadinya peningkatan pengguana IT diseluruh Dunia. Termasuk para pengguna Internet yang semakin menjamur diseluruh pelosok negeri ini, bahkan internet telah menyentuh hampir semua sisi kehidupan manusia.

Dengan meningkatnya pengguna internet tentu harus disertai dengan sarana yang memadai atau dengan fasilitas Internet yang dapat diakses oleh setiap lapisan masyarakat, kendati demikian pemerintah telah mengupayakan pemberantasan Buta Internet (Bunet) dengan menyediakan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) yang ditempatkan di tiap-tiap kecamatan sehingga bagi warga yang ingin megakses internet bisa langsung mendatangi lokasi PLIK yang telah disediakan.

Namun, lain halnya dengan keadaan warga Monta Dalam ketika mereka ingin mengakses internet, maka harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendatangi lokasi PLIK yang berada di Desa Tangga, karena berdasarkan letak geografis Kecamatan Monta, Kabupaten Bima terbagi menjadi dua wilayah yaitu Monta bagian Utara dan Monta bagian Selatan.

Monta Selatan juga biasa disebut sebagai “Monta Dalam” dan masing-masing wilayah ini memiliki 7 Desa yang saling berdekatan. Berhubung lokasi Desa Tangga berada wilayah Monta Utara, maka bagi warga Monta Dalam yang ingin mengakses internet harus rela menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendatangin lokasi PLIK yang dimaksud.

Kaharuddin, SH warga Desa Tangga Baru yang juga berprofesi sebagai wartawan ini, menyebutkan ketika ingin mengirim berita melalui email “saya harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mendatangi Warnet/PLIK yang berada di Desa Tangga sendainya warnet disana tutup atau terganggu, maka untuk mengirim berita saya harus rela mencari warnet lain yang berada di Tente atau di kecamatan Woha,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Jamal, Warga Desa Sondo, sebagai seorang pengajar banyak referensi yang dapat diambil melalui internet seperti bahan pengajaran dan RPP “untuk mengakses internet kami harus ke PLIK yang berada di desa Tangga atau di Kecamatan Woha yang jaraknya lumayan jauh bagi pengguna yang memiliki Modem bisa saja mengakses internet melalui jaringan Telkomsel atau XL tetapi jaringannya agak lelet dan biaya pemakaiannyapun akan lebih mahal,” katanya Rabu kemarin.  

Dengan adanya persolan ini warga Monta Dalam sangat berharap kepada pemerintah  agar dapat menyediakan fasilitas Internet kecamatan yang dapat ditempatkan di wilayah mereka sehingga bagi warga yang ingin mengangkses internet tidak perlu lagi harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mengakses Internet. [AL] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru