Pipa PDAM Bocor Lagi

KM Narmada, Setelah  beberapa waktu lalu mengalami perbaikan kini pipa milik PDAM Giri Menang kembali bocor, terlihat semburan air memancar sangat keras dari pipa besar bercat warna biru, kebocoran pipa ini terdapat di pipa yang melintasi desa Sembung Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Saat melintasi jalan dari depan Kantor Desa Sembung menuju arah selatan kira-kira 500 meter dari Kantor desa, semburan dengan ketinggian lebih dari 3 meter sudah bisa terlihat dari jarak yang cukup jauh, selain membasahi sekitar tempat bocornya pipa air pun membasahi sebagaian badan jalan.

Menurut Wahid seorang petani asal desa Sembung yang mempunyai lahan disekitar lokasi menceritakan bahwa kebocoran pipa sudah terjadi sejak hari tiga hari yang lalu yaitu minggu 28 Desember 2014 dan sampai sekarang belum ada petugas dari PDAM Giri Menang yang datang untuk memperbaikinya.

“seingat saya baru bulan kemaren diperbaiki dan sekarang sudah rusak lagi” kata wahid 45 tahun. Wahid tahu persis kejadian ini karena setiap hari dari pagi hingga sore selalu berada disawahnya yang dekat dengan tempat kebocoran pipa tersebut.

Sementara itu Irah 39 tahun seorang warga lainnya yang kebetulan melintasi jalan tersebut dan berhenti  untuk melihat semburan air dari pipa tersebut mengungkapkan kekecewaanya kepada perusahaan daerah pengelola air tersebut karena diapun merupakan pelanggan air PDAM, “kalau bayar gak boleh telat, tapi air yang keluar (kran) sangat kecil kadang juga tidak ada” kata Irah dengan nada sedikit kesal.

Keluh kesah warga pengguna air PDAM sudah sangat sering terdengar namun hanya menguap begitu saja tampa pernah ada pemecahan masalah secara menyeluruh, debit air yang didapatkan oleh pelanggan PDAM sangatlah kurang, air hanya mengalir disiang hari itupun dengan volume yang sangat kecil sementara dimalam hari bisa dipastikan air tidak mengalir dari pipa yang menuju pelanggan rumah tangga.

Sering terdengar alasan klasik dari pemangku kebijakan PDAM bahwa kemacetan sering terjadi karena masih ada perbaikan pipa namun dengan kondisi kebocoran dibiarkan berhari-hari akan menambah permasalahan yang ada, seharusnya pihak PDAM tidak membiarkan hal ini berlarut-larut, kontrol terhadap pipa harus lebih ditingkatkan tampa harus menunggu laporan masyarakat. (Abdul Satar) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru