Jelang Lebaran, Angka Kriminal Meningkat

Lobar-Angka kriminilitas menjelang lebaran cukup tinggi di Dusun Temer, Desa Batunampar, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Meningkatnya kriminal tidak saja terjadi di wilayah perkotaan, namun merambah hingga wilayah terpencil sekalipun. Sebagaimana dijelaskan Abdul Wahid, Kadus Temere, Desa Batunampar, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Ia menyebutkan jika di wilayahnya yang dikenal tandus, bergunung dan sangat terisolir ini kerap kali terjadi aksi kriminalitas menjelang tibanya lebaran.

Aksi kriminalitas dimaksud menurut Wahid diantaranya, penjambretan, perampokan, pembegalan di tengah jalan dan pencurian sepeda motor dengan kekerasan. Aksi kriminal ini menurutnya sangat memungkinkan terjadi. Mengingat jalan masuk menuju Dusun Temere sangat terpencil dengan kondisi jalan yang rusak parah. Apalagi kondisi jalan di malam hari tanpa lampu penerangan. “Karena itu kami selalu ingatkan warga untuk selalu berhati-hati dan tidak melakukan perjalanan di malam hari karena biasanya pelaku kejahatan beraksi pada malam hari. Kecuali ada keperluan sangat mendesak,” jelas Wahid belum lama saat Safari Ramadhan Tarbiyah Islamiyah NTB di dusun tersebut.

Saran Wahid memang beralasan, kecuali dusun ini berada di wilayah terpencil dan paling ujung yang berdekatan dengan wilayah pantai, juga karena pos keamanan (Pos Pol) yang diharapkan bisa memantau kamtibmas di beberapa wilayah terpencil, tidak maksimal melakukan patroli. “Pos polisi letaknya cukup renggang dan personilnya juga terbatas. Kami atas nama warga berharap, untuk menekan angka kriminalitas di wilayah ini personil keamanan bisa ditambah. Begitu pula dengan lampu penerangan jalan bisa dipasang,” harap Wahid. (wardi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru