Pengaduan Abrasi di Korleko

KM Sambang Kampung- Musim hujan saat sekarang ini  menimbulkan berbagai masalah dibeberapa tempat. Pada bulan Desember ini terjadi beberapa peristiwa antara lain adanyaangin putting beluang yang terjadi di Desa Teros Kecamatan Labuhan Haji yang mengakibatkan beberapa rumah penduduk rusak, selain itu adanya peristiwa abrasi air laut yang menghantam pesisir di Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji yang menyebabkan runtuhnya tanah kebun masyarakat yang berada dipinggir pantai.

Peristiwa-peristiwa ini membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk terus mengantisipasi kemungkinan lain yang diakibatkan oleh perubahan musim. Masyarakat juga dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungannya untuk menghidari banjir. Dibeberapa tempat di Desa Korleko masih terlihat saluran air tersumbat  yang mengakibatkan air mengalir melewati jalan raya bahkan jalan rayapun rusak akibat aliran air tersebut.

Sampah yang berserakan terlihat sangat kotor dan belum ada perhatian dari masyarakat setempat untuk memperbaiki saluran yang tersumbat tersebut, sampah yang berserakan sangat memungkinkan sebagai sumber  berkembangbiaknya penyakit. Sifat masyarakat yang masih kurang perduli tersebut perlu di sikapi oleh pemerintah baik di tingkat desa maupun ditingkat kecamatan.

Selanjutnya adalah masalah abrasi pantai yang semakin meluas di Desa Korleko yang masih belum ada penanganan dari pemerintah. Kebun masyarakat yang berada di sepanjang pantai sudah banyak yang tersapu oleh gelombang laut yang menghatam perbukitan. Masyarakat tidak berdaya menghindari kuatnya hantaman gelombang sehingga mereka pasrah dengan keadaan ini.

Melalui tulisan ini pemerintah baik dari tingat desa maupun kabupaten, propinsi dan pusat tergerak untuk menanggulangi masalah ini. Semoga masalah abrasi pantai yang sudah menghabiskan lahan perkebunan masyarakan yang mencapai puluhan hektar ini segera atasi segera. Penagaduan masyarakat melalui Kampung Media ini semoga mendapatkan respon yang cepat dari pemangku kepentingan. (Uyik) -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru