Jalan Strategis yang Butuh Perhatian

KM Sambang Kampung- Jalan lintas Tanjung menuju Desa Pohgading merupakan jalan yang sangat ramai dan sangat strategis dimana jalan ini menghubungkan Ibu Kota Lombok Timur yaitu Selong ke daerah-daerah lain di Lombok Timur bagian Utara, disamping itu juga jalan sepanjang 50 Km ini juga dapat menghubungkan Lombok Yimur dengan Pulau Sumbawa dimana jalur ini menuju ke pelabuhan Kayangan.

Sebagai salah satu jalan yang sangat strategis di Lombok Timur tentu arus kendaraan yang melintasi jalan ini sangat ramai. Masyarakat yang melakukan aktivitas perdagangan ataupun distribusi barang menuju Lombok Timur bagian Utara sangat cepat melintasi jalan lintas Tanjung-pohgading ini. Padatnya kendaraan yang melintas di jalan ini tidak diimbangi dengan kapasitas  badan jalan dan lebarnya jalan di wilayah ini.

Banyaknya proyek jalan yang sedang dikerjakan saat ini dibeberapa tempat di desa Korleko dengan menggunakan kendaraan besar yaitu dam truck membuat jalan lintas Tanjung-Pohgading ini mulai rusak parah. Kerusakan terdapat dibeberapa tempat yaitu Jembatan Nanot Kelurahan Tanjung, Kelurahan Geres, Ijobalit, Korleko, Aik Dalam, Kerumut dan Pohgading. Keadaan terparah terlihat di Korleko yaitu terdapat 3 lubang di badan jalan, selanjutnya di Aik Dalam terdapat 2 Lubang di badan jalan.

Di dua tempat ini memang sangat parah keadaannya karena di Korleko sedang di bangun proyek jalan Korleko menuju Lenek, sedangkan di Aik Dalam karena ada penambangan pasir, di jalan ini kebanyakan yang melintas adalah dum truk yang bermuatan pasir dan tanah uruk yang mengakibatkan rusaknya badan jalan. Hal ini diakibatkan oleh muatan kendaraan tidak sesuai dengan kapasitas jalan yang ada.

Sampai sejauh ini belum ada perhatian dari pihak yang berwenang untuk memperbaiki jalan yang rusak di jalan Lintas Tanjung-Pohgading ini. Bahkan jalan ini sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, untuk memberi petunjuk pada pengguna jalan masyarakat menanam pisang di jalan yang berlubang atau member tanda dengan benda-benda yang menarik perhatian sehingga bisa di lihat oleh pengguna jalan. Semoga pemerintah atau pihak yang terkait dengan jalan ini memperhatikannya sehingga pengguna jalan dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara di Jalan Lintas Tanjun Pohgading ini. (Uyik) -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru