Warga Kokok Putik Butuh Bantuan Pipanisasi


KM. Sukamulia – Salah satu infarstruktur yang mengalami kerusakan akibat gempa menggoyang Lombok sejak tanggal 29 Juli lalu. Salah satu infrastruktur yang mengalami kerusakan adalah saluran pipanisasi air. Hal itulah yang dikeuhkan oleh masyarakat Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Sejak terjadinya gempa pertama, saluran pipanisasi air mereka rusak total dan hingga saat ini belum ada relawan atau pihak pemerintah yang membantu mereka untuk memperbaiki pipanisasi tersebut supaya kebutuhan mereka akan air bersih dapat terpenuhi.

Gempa 6.4 SR berdampak cukup parah bagi saluran pipanisasi air besrsih warga Dusun Kukok Putik Desa Bilok Petung. Menyusul lagi gempa 7.0 yang menyebabkan tebing di sekitaran aliran pipanisasi air tersebut runtuh atau longsor. Longsor tersebut menyebabkan putusnya saluran pipanisasi yang berpangkal di Lokok Bebiak hingga perkampungan warga Dusun Kokok Putik. Hal ini menyebabkan matinya saluran air besrih bagi warga setempat.

“Saluran pipanisasi air bersih warga Dusun Kokok Putik berpangkal di Lokok Bebiak Desa Sambik Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Lokok Bebiak berjarak 2 km dari perkampungan kami (Kokok Putik) dan setelah kami survey, ternyata pipa tersebut mengalami kerusakan total. Kerusakan itu menyebabkan aliran air bersih ke kampung kami macet total”, jelas Hadi Wirjan (salah seorang Ketua RT Dusun Kokok Putik).

“Hingga saat ini kami belum mendapatkan bantuan perbaikan pipanisasi tersebut, sedangkan warga kami sangat membutuhkan air. Bantuan air hanya kami terima dari PMI, hanya saja kami dibawakan satu kali seminggu. Seminggu itu kami diberikan 3 rit (tiga mobil) dan setiap KK dijatahkan 2 ember. Air 2 ember itu tidak dapat mencukupi kebutuhan kami akan air bersih, terutama untuk memasak dan minum”, keluh M. Saleh (Kadus Kokok Putik).

Keluh kesah yang sama juga disampaikan oleh Mustiawan (tokoh Masyarakat Dusun Kokok Putik), “saat ini kami sangat membutuhkan air bersih. Untuk itu kami sangat membutuhkan bantuan dari relawan ataupun pihak pemerintah. Kami sangat membutuhkan bantuan perbaikan pipanisasi supaya kebutuhan kami akan air bersih dapat segera terpenuhi”, ungkapnya.

Masyarakat Dusun Kokok Putik berjumlah 167 KK dengan jumlah warga 560 jiwa. Kebutuhan mereka akan air bersih terpenuhi dari saluran pipa yang berasal dari Lokok Bebiak. Memang, saat di Kokok Putik sudah ada Sumur BOR BWS namun belum pernah dioprasikan yang padahal Sumur Bor tersebut sudah aktif dan jika itu dioprasikan maka kebutuhan masyarakat setempat akan air bersih dapat terpenuhi.

Warga dan pencinta Kampung Media yang kami banggakan, melalui artikel ini kami sampaikan bahwa warga terdampak gempa di sekitaran wilayah Dusun Kokok Putik Desa Bilok Petung sangat membutuhkan air bersih. Untuk itu, besar harapan kami supaya pihak terkait dan relawan yang bergerak dalam hal tersebut dapat segera membantu masyarakat setempat dalam hal pengadaan pipa agar warga setempat dapat segera memperbaiki saluran pipanisasi air bersih mereka. Atas perhatian dan keperduliannya kami haturkan terimakasih. Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru